Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ramadhan Rutin ala FPK: Bagikan Bingkisan kepada Seniman Sepuh

Jumat, 29 Maret 2024 | 1:14 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Momen ramadhan dimanfaatkan oleh Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim untuk berbagi tali asih kepada seniman-budayawan sepuh.

Mulai Jumat siang hingga sore (29/3/2024), FPK berkeliling ke Pasuruan, Sidoarjo dan Mojokerto untuk membagikan bingkisan sembako kepada 50 seniman sepuh.

“Ini agenda rutin yang kami lakukan hampir 10 tahun. Tiap bulan ramadan kita bagi tali asih untuk teman dan saudara kita seniman budayawan sepuh,” ujar Ketua FPK Jatim Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Ki Bagong meneruskan, satu bingkisan berisi beras, minyak, mie, gula, dan minuman. Seluruh sembako didapatkan dari iuran seniman-budayawan.

“Sumber dananya dari iuran teman-teman seniman. Jadi tali asih ini dari seniman untuk seniman,” terang seniman yang hobi bernyanyi keroncong tersebut.

Dari Pasuruan, FPK bergerak ke Sidoarjo. Di Kota Udang ini, FPK Sidoarjo juga sudah menyiapkan bingkisan serupa. Bingkisan ini lalu digabung dengan milik FPK Jatim.

Pemberian diserahkan di kampung seni pondok mutiara. Penerimanya dari berbagai seniman. Ada pelukis, penyanyi, sastrawan Jawa, hingga pelaku spritual.

Baca Juga : klik disini 👇  FPK Gelar Halal Bihalal, Ki Bagong Berharap Regenerasi Ketua

Kota terakhir adalah Mojokerto. Ki Bagong bersama rombongan memberikan tali asih kepada dalang dan pemangku adat.

Kepada Lumbung Berita, Ki Bagong menjelaskan bahwa ia mempunyai tujuan lain selain berbagi tali asih. Yakni menggugah kepedulian pemerintah terhadap nasib seniman yang tak lagi produktif.

Pasalnya, ia sempat trenyuh ketika menemui salah satu seniman, Mian. Untuk berdiri saja, pemain ludruk itu harus dipapah. Ingatannya pun mulai pudar. Mian sempat tak mengenali Ki Bagong.

“Kami prihatin. Mungkin saja seniman ini dianggap sudah sepuh dan tak produktif lagi. Sehingga dengan acara ini kami berharap pemerintah tergugah untuk lebih memperhatikan nasib seniman sepuh,” tukasnya.

Kepedulian ini mendapat sambutan positif dari seniman Mojokerto, Mulyono. Pria yang menjabat sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat ini angkat topi dan mengapresiasi atas kepedulian FPK Jatim.

“Terus terang kami antusias sekaligus terharu dengan perhatian FPK kepada para pemangku abat. Khususnya di lembaga adat Majapahit. Semoga pemberian ini menggugah pemerintah daerah untuk lebih peduli dengan kita,” tutupnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Logo Ormas Dibakar, DPD GRIB JAYA Jatim Datangi Polres Pasuruan

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!