Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sambut Hasil Munas, Lukas: Pemajuan Kebudayaan Butuh Dukungan Anggaran

Rabu, 27 Desember 2023 | 2:09 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Hasil Musyawarah Nasional Dewan Kebudayaan 2023 di Ancol pada dua pekan lalu turut disambut gembira oleh Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) Lukas Cahyabuana.

Ditemui Selasa siang (26/12/2023) saat sosialisasi hasil Munas di Rumah Budaya Saraswati, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, pria murah senyum ini mengatakan, rekomendasi munas sangat tepat untuk pemajuan kebudayaan.

Menurut Lukas, rekomendasi pembentukan kementerian kebudayaan bisa berdampak signifikan terhadap kebudayaan di Kabupaten Pasuruan. Utamanya berkaitan dengan anggaran.

Sebagai informasi, dalam keputusan Munas, salah satu poinnya adalah mendesak pemerintah meningkatkan alokasi anggaran yang lebih berpihak pada pemajuan kebudayaan.

“Ini akan sangat bagus untuk pemajuan kebudayaan. Karena kita sudah lama melestarikan 10 OPK (Objek Pemajuan Kebudayaan),” jelasnya.

Politisi dari PDIP ini melanjutkan, selama ini pelestarian 10 OPK minim dukungan anggaran dari pemda. Sebagian besar kegiatan kebudayaan adalah hasil swadaya. Bahkan, tak jarang ia juga harus merogoh kocek pribadi.

“Sering kali saya dan teman-teman patungan untuk suatu kegiatan. Enggak masalah sebetulnya, yang terpenting OPK tetap jalan. Tapi kalau ada dukungan pemda, tentu akan sangat membantu, karena anggaran kita juga terbatas,” paparnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Selain itu, dengan terbentuknya kementerian kebudayaan, sambungnya, maka di tingkat daerah akan terbentuk dinas kebudayaan yang berdiri sendiri.

“Selama inikan kebudayaan seolah nebeng. Digabung dengan dinas pariwisata maupun pendidikan. Dengan terbentuk sendiri, maka regulasinya makin jelas. Pemajuan kebudayaan juga makin terkonsep,” urainya.

Senada dengan Lukas, penasihat DKKP Ki Bagong Sabdo Sinukarto berpendapat hadirnya dinas kebudayaan yang berdiri tunggal bakal membawa angin segar bagi seniman-budayawan.

Untuk itu, ia berharap seniman-budayawan tetap mengawal hasil munas. Kepada puluhan seniman-budayawan yang hadir pada sosialisasi, ia meminta tetap menelurkan hasil karya.

“Mari kita kawal hasil munas ini bersama-sama sambil terus berkarya. Karena bagaimanapun kondisinya, seorang seniman-budayawan wajib terus menghasilkan karya,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!