Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sanggar Senggana Gempol Getol Cetak Sinden Cilik

Rabu, 6 Oktober 2021 | 2:46 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Prihatin langkanya seniman sinden, membuat Pimpinan Sanggar Senggana, Sulastri getol melatih anak-anak. Sanggar yang berada di Gempol, Kabupaten Pasuruan itu kini berfokus mencetak pesinden handal.

Kepada awak media, Sulastri menceritakan bahwa siswa binaan nya sudah banyak mengikuti beberapa pergelaran Wayang Kulit dan pementasan seni lainnya, Rabu (06/10/2021).

“Sudah tampil di macam-macam pentas. Wayang kulit, karawitan dan lainnya juga,” ujar perempuan berusia 50 tahun tersebut.

Meski sudah berhasil mencetak pesinden, tapi masih ada yang mengganjal di hati Sulastri. Yakni sampai hari ini tidak ada upaya dari Pemkab Pasuruan untuk melestarikan maupun meregenerasi Sinden.

“Alhamdulillah, meski tanpa campur tangan pemerintah, anak-anak sudah berani tampil dalam beberapa pementasan, bahkan dalam acara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan mereka tampil sempurna,” ujar warga Karangbangkal ini.

Salah satu anak binaan Sanggar Senggana, Jenar Mahesa Ayu, mengaku senang bisa menyinden. Bahkan orang tuanya pun merasa bangga dengan kemampuan anaknya dalam mempelajari seni tradisi ini.

“Ayah dan ibu senang saya bisa menyinden dan melestarikan seni tradisional ini,” ungkap siswi kelas IV SDN Karangrejo 2 Gempol tersebut.

Baca Juga : klik disini  Bocah 9 Tahun asal Sukorejo direnggut Mahkotanya di Tretes

Di sisi lain, keluhan Sulastri mendapat tanggapan dari Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur, Ki Bagong Sabdo Sinukarto. Menurut pria yang juga seniman Pasuruan ini, sudah saatnya OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bersinergi dalam upaya pelestarian seni budaya di sekolah. Setidak, sambungnya, 2 OPD berkolaborasi, yakni Dinas Pendidikan dan Disparbud.

“Seharusnya 2 instansi tersebut berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya regenerasi di bidang seni tradisi ini. Apalagi mengingat Bu Sulastri ini adalah satu-satunya seniman Sinden di Pasuruan,” saran Bagong.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!