Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sebulan Terakhir, Empat Dusun di Wonosunyo Ini Kesulitan Air

Senin, 16 Oktober 2023 | 10:54 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Selama sebulan terakhir warga di empat dusun (Wonosunyo 2, Belahan Nongko, Badud, dan Betro) di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan mengalami kesulitan air bersih.

Seperti diutarakan oleh Titin, salah satu warga Dusun Wonosunyo pada Lumbung Berita Senin siang (16/10/2023). Ia mengaku harus pintar-pintar mengirit air untuk 3 penghuni rumahnya.

“Sudah sebulan ini kami harus pintar mengirit air untuk mandi, memasak, mencuci dan lainnya. Moga saja masalah ini enggak berlarut-larut,” terangnya.

Informasi yang diterima awak media dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Gempol, kesulitan air ini sedikitnya melanda 300 KK di 4 dusun tersebut.

Untuk sementara, kebutuhan air disuplai oleh truk tangki. Tiap harinya, satu truk tangki datang mengisi tandon air. Sebagian warga lain, memilih mengangsu di Sumber Tetek.

Ketua FPRB Kecamatan Gempol, Hadi Suar mengaku geram dengan respon lambat dari Pemdes Wonosunyo. Pemdes ia nilai lelet dalam memenuhi kebutuhan dasar warganya.

“Satu truk tangki tiap hari apa cukup. Belum lagi warga harus mengambil dari Sumber Tetek yang jaraknya bisa sampai 3 km dengan medan terjal. Pemdes terkesan melakukan pembiaran,” tegasnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Ketum LSM P-MDM (Gus Ujay) Mengapresiasi Kinerja Polsek Purwosari

Sedangkan dihubungi terpisah, Sekdes Wonosunyo, Ansori menjelaskan kesulitan air bersih ini disebabkan perbaikan saluran air di wilayah hulu, yakni di Trawas, Mojokerto.

Ia menerangkan, awalnya Pemdes mengadakan penambahan pipa dan tandon air untuk kebutuhan warga. Efeknya, pasokan air tersendat.

Tandon air itu dibangun di Dusun Badud dan pembangunannya sudah rampung. Sayangnya, saluran pipa di Duyung, Trawas, mengalami kerusakan. Sehingga pasokan air yang sedianya normal, harus tertunda lagi.

“Ada perbaikan saluran air di Duyung, Trawas. Makanya pasokan air ke warga mengalami gangguan. Tapi tak lama lagi juga selesai. Air bakal lancar, malah lebih besar debitnya,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!