Lumbung Berita
NEWS TICKER

Seleksi Wawancara Calon Anggota PTPS di Kecamatan Wonorejo, ini Harapan Ketua Panwascam..!!

Minggu, 14 Januari 2024 | 1:35 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Proses seleksi calon anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi tahap krusial. Pasalnya, tugas dari PTPS sangatlah penting sebagai ujung tombak pengawasan Pemilu.

Pendaftaran calon anggota PTPS yang di buka sejak 2 Januari 2024 ini telah mamasuki tahap wawancara, setelah sebelumnya pada 10 Januari 2024 merupakan pengumuman hasil seleksi administrasi.

Pelaksanaan wawancara ini berdasakan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 504/KP.01/K1/12/2023, yaitu tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Penggantian Antarwaktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara Dalam Pemilu 2024.

Panwascam Wonorejo, Nahrowi, berharap dapat menyeleksi calon PTPS yang benar-benar memahami dinamika wilayah setempat. Proses seleksi ini merupakan langkah konkret untuk memastikan keberlanjutan integritas, dan transparansi dalam penyelenggaraan pemilihan di Kecamatan Wonorejo.

“Dengan berfokus pada kualitas calon, keberhasilan dalam menyaring calon pengawas yang berkualitas diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran dan keabsahan proses pemilu di tingkat Desa,” Ungkapnya.

Tes wawancara yang dilakukan di Pendopo Kecamatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni 13-14 Januari 2024, ini merupakan hari akhir tes wawancara dilakukan, mengingat di Kecamatan Wonorejo ini ada 15 Desa dengan Kebutuhan 163 petugas PTPS

Baca Juga : klik disini 👇  Ketum LSM P-MDM (Gus Ujay) Mengapresiasi Kinerja Polsek Purwosari

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan Arie Yunianto, yang memantau langsung seleksi wawancara calon anggota PTPS menuturkan, tujuan dari seleksi ini di antaranya adalah untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana kompetensi dalam kepengawasan di pemilu nanti.

Mereka diuji pengetahuannya tentang kepemiluan, integritas, dan komitmen dalam menjaga transparansi pelaksanaan pemilu.

Kami, kata Ari, berharap calon PTPS yang terpilih nantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan menjaga integritas serta transparansi dalam pelaksanaan pemilu.

“juga harus memiliki mental yang kuat, terlebih bila mana ada keterkaitan kekerabatan dengan petugas KPPS maupun pps, hambatan psikologis seperti ini harus bisa di kesampingkan karena bagian dari tugas sebagai pengawas tempat pemungutan suara (PTPS), bila mana diketahui ada suatu pelanggaran di dalam TPS maka mereka harus bisa menjalankan fungsinya,”ucapnya.

Jurnalis : SH.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!