Lumbung Berita
NEWS TICKER

Siap-Siap, Pasuruan Mulai Masuk Musim Penghujan

Jumat, 5 November 2021 | 5:14 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Warga Pasuruan ada baiknya bersiap-siap. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Pasuruan pada bulan ini memasuki musim penghujan.

“Ya benar. Kita sekarang memasuki musim penghujan,” terang Kepala BMKG Stasiun Geofisika Tretes Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro, Jumat (05/11/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Djati ini, awal musim penghujan adalah masa pancaroba. Situasi cuaca biasanya berlangsung ekstrem. Seperti badai guntur dan angin kencang.

“Tentu di masa pancaroba, cuaca akan ekstrem. Seperti angin kencang ataupun badai guntur. Tidak menutup kemungkinan berakibat bencana seperti yang terjadi di Batu kemarin,” jelasnya.

Pria berusia 46 tahun ini melanjutkan, sebagai tindak antisipasi, BMKG per 1 November 2021 telah mengirimkan surat edaran tentang imbauan antisipasi cuaca ekstrem dampak dari La Nina.

“Curah hujan meningkat. Makanya kami memberikan warning, dan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat benar-benar mengantisipasi,” ungkapnya.

Khusus di Pasuruan, pria beralamat di Malang ini berharap tingginya intensitas hujan tak mengakibatkan banjir. Ia juga menyarankan mengantisipasi saluran air yang berpotensi tersumbat.

Baca Juga : klik disini  Ketua DAS Wrati Angkat Bicara soal Endapan Sungai Wrati

“Saran kami, jika memang ada selokan yang tersumbat sampah, setidaknya dibersihkan. Karena terkadang kiriman air dari daerah atas memberi dampak cukup besar bagi wilayah bawahnya,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!