Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sidang Mediasi tidak Hadir, ini Kata Bahrul Ulum..!

Jumat, 5 Maret 2021 | 12:16 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Malang_Lumbung-berita.com
Kuasa Hukum dan warga Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu kecewa. Pasalnya, tiga kali sidang mediasi perkara nomor 12/Pdt.G/2021 antara Dokter WY melawan puluhan warga tidak hadir, Kamis (04/03/2021).

Ketidak hadiran Dokter WY membuat Kuasa Hukum dari warga, Bahrul Ulum angkat bicara, berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) bahwa prinsipal dalam hal ini, penggugat dan tergugat dalam melaksanakan mediasi wajib hadir.

“Benar, bahwa sesuai Peraturan Mahkamah Agung ( Perma ) Nomor 1 Tahun 2016 ada pasal yang mewajibkan para pihak wajib datang dengan atau tanpa kuasa hukum,” Ungkap Bahrul Ulum.

Menurut Ulum (Panggilan), dalam pasal 6 ada empat (4) ayat dan empat (4) butir. prinsipal bisa dianggap hadir langsung apabila komunikasi audio visual jarak jauh sebagaimana pasal 5 ayat (3), selain itu, ketidakhadiran para pihak diperbolehkan asal kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan hadir dalam pertemuan Mediasi berdasarkan surat keterangan dokter.

Selain itu, Kata anggota Peradi Bersatu ini bahwa ketidakhadiran para pihak diperbolehkan jika mereka di bawah pengampuan, mempunyai tempat tinggal, kediaman atau kedudukan di luar negeri atau menjalankan tugas negara, tuntutan profesi atau pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

Advokat asal Pasuruaan Jawa Timur ini menambahkan bahwa para pihak atau Advokatnya wajib menempuh mediasi dengan baik.

Baca Juga : klik disini  Gerakan Bedah Rumah dilakukan Oleh Paguyuban Tukang di Karangrejo

“Para Pihak dan/atau kuasa hukumnya wajib menempuh Mediasi dengan iktikad baik. Salah satu pihak atau Para Pihak dan/atau kuasa hukumnya dapat dinyatakan tidak beriktikad baik oleh Mediator dalam hal yang bersangkutan tidak hadir setelah dipanggil secara patut 2 (dua) kali berturut-turut dalam pertemuan Mediasi tanpa alasan sah,” Paparnya.

Masih menurut Ulum, jika para pihak menghadiri pertemuan Mediasi pertama, tetapi tidak pernah hadir pada pertemuan berikutnya meskipun telah dipanggil secara patut 2 (dua) kali berturut-turut tanpa alasan sah, hal itu juga dianggap tidak beretikad baik.

Demikian juga, kata ulum, ketidakhadiran berulang-ulang yang mengganggu jadwal pertemuan Mediasi tanpa alasan sah dan menghadiri pertemuan Mediasi, tetapi tidak mengajukan dan/atau tidak menanggapi Resume juga dianggap tidak beretikad baik.

Dengan demikian, apabila penggugat dinyatakan tidak beriktikad baik dalam proses Mediasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 ayat (1), gugatan dinyatakan tidak dapat diterima oleh Hakim Pemeriksa Perkara,” Pungkasnya.

Sementara itu Kuasa Hukum dari Dokter WY menyampaikan, kalau pihaknya memegang penuh surat yang sah soal tanah.

Baca Juga : klik disini  Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un Wartawan Senior Pojok Kiri Sulistiawan "Wafat"

“Sidang mediasi ke tiga ini belum ada titik temu. Kita lihat saja nanti di sidang perkara yang akan datang,” Pungkasnya.

Jurnalis : Mifta.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!