Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Pasuruan

Rabu, 9 November 2022 | 6:19 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan,lumbung-berita.com

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bagi BPD dilaksanakan di Aula SMKN 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Rabu, 9/11/2022.

Program sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Pasuruan sudah berlangsung di 3 Kecamatan.

Dalam pantauan awak media Lumbung Berita, pada kegiatan ini peserta yang hadir sekitar 80 anggota BPD dari 9 Desa di wilayah Kecamatan Purwosari.
Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pegawai kecamatan serta Inspektorat dan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan sebagai Narasumber.

Sugiarto,” Ketua Komisi 1 Fraksi Golkar, memberikan penguatan terkait tugas dan fungsi BPD dalam penyelenggaraan Desa.
BPD harus bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam rangka membahas, merencanakan kepentingan Desa, selain mitra BPD juga melakukan pengawasan.

Kak Ugik’ panggilan akrabnya, juga Menyampaikan bahwa BPD itu sama halnya DPR tingkat desa, hanya saja tunjangannya yang tidak sama, candanya.
Apresiasi untuk kegiatan semacam ini, “namun saya berharap bukan hanya sosialisasi, harus diadakan bimtek secara spesifik untuk menunjang tugas BPD” jelasnya.

Anggota DPRD Fraksi Golkar tersebut juga memberikan kesempatan pada peserta sosialisasi untuk bertanya atau menyampaikan usulan, hal itu di respon cepat oleh peserta, terlihat dari beberapa peserta yang cepat angkat tangan.

Baca Juga : klik disini  142 Sertifikat di Bagikan Panitia PTSL Desa Karangmenggah

Inspiratif ” Disela-sela sambutan santainya, Ketua Komisi 1 ini bertanya pada peserta, ” apa diantara peserta ada yang berstatus janda” spontan satu ibu berinisal “L” di panggil ke depan karena berstatus janda, dalam obrolan akrabnya dengan ibu L ini, anggota dewan tersebut menyarankan pada anggota BPD yang hadir untuk membuat Perdes tentang Janda di Desa, dalam rangka pemberdayaan, bisa berupa pelatihan UMKM atau lainnya.

Di akhir sambutannya, Sugianto” “BPD Jangan fanatik atau anti pada politik, karena kebijakan di negeri ini hasil dari proses politik”.

Kegiatan sosialisasi tersebut berakhir dengan pembacaan doa dan ramah tamah. (Din)

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA