Lumbung Berita
NEWS TICKER

Sugiarto Respon Cepat Laporan Warga Tutur, Adanya Akses Jalan Masyarakat Longsor

Kamis, 7 Januari 2021 | 2:40 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Sugiarto, merespon cepat adanya informasi Tembok Penahan Tanah (TPT) disamping pemukiman rumah warga yang ambrol, Dusun Krajan, Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan pada Rabu (07/01/21).

Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Andonosari, Akhmad Pujianto, ia menuturkan bahwa akibat curah hujan yang cukup tinggi, hingga menggerus jalan dan sampai membuat TPT ambrol.

“Kemarin jalan itu cukup luas dan bisa dilintasi kendaraan roda empat, kini bisa dilalui kendaraan roda dua,” Kata Kades Andonosari.

Sementara itu Roby, warga setempat menyampaikan jika TPT ini tidak segera di perbaiki maka akan bisa membahayakan warga di sekitar.

Menurutnya, TPT tersebut lumayan parah. Panjangnya sekitar 35 meter dengan ketinggian kurang lebih 10 meter.

“Jika tidak segera diperbaiki, rawan terjadi longsor, apalagi saat hujan tiba kayak gini,” Ujar Roby.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari Fraksi Golkar, Sugiarto, secara cepat dan tanggap langsung cek lokasi, dengan menginformasikan ke BPBD Kabupaten Pasuruan untuk meninjau lokasi tersebut.

Baca Juga : klik disini  Diduga Tledor dan Lalai soal Prokes, ini Kata Plt Camat Purwosari..!

Sugik, panggilannya, menjelaskan kalau dirinya mengajak dinas terkait dalam rangka responsif cepat tanggap bencana, mengingat itu adalah akses jalan yang sangat vital bagi kampung tersebut.

“Saya sangat khawatir atas keberadaan pemukiman penduduk, yang hanya berjarak 5 meter dari ambrolnya TPT itu,” Jelas Sugik.

Hal ini agar cepat di tanggulangi dengan pengamanan atas kerawanan longsor, mengingat saat ini curah hujan masih tinggi serta segera ada perencanaan dan penanganan dari pihak – pihak terkait,” Tutup pria yang berdomisili di Kecamatan Purwodadi.

Menurut salah satu Staff BPBD Kabupaten Pasuruan, Bandi, menyampaikan bahwa timnya merespon cepat laporan desa dan Kecamatan Tutur.

“Asesmen dan koordinasi dengan jajaran dinas teknis terkait yakni dinas Bina Marga, secara bersama-sama memantau kondisi di lapangan, agar penanganan selanjutnya dapat segera dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada,” Pungkas Bandi.

Jurnalis : Yudha

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!