Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tak Berijin: Diduga Oknum Kades Sedaeng Alih Fungsikan Lahan Hijau

Selasa, 20 Februari 2024 | 9:03 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan, Lumbung-berita.com
Diduga tak berijin soal penjualan tanah kavling, oknum Kepala Desa (Kades) Sedaeng, Kecamatan Tosari, Abdul Hadi, diduga melanggar aturan.

Pasalnya. Oknum Kades diduga alih fungsikan lahan pertanian atau zona hijau di jual atau di kavling untuk di buat perumahan.

Menurut informasi, lokasi tanah adalah lahan hijau atau lahan pertanian. Namun, oleh Abdul Hadi sengaja di kavling untuk dijadikan perumahan dan tanpa mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Di konfirmasi terkait alih fungsi tanah jadi kavling perumahan, Kades Sedaeng, membenarkan kalau lahan tersebut miliknya.

“Memang saya kavling buat perumahan bagi warga yang membutuhkan, dengan ukuran 5 × 10 saya jual dengan harga 750 permeter,” kata Abdul Hadi, Senin (19/02/2024).

Hadi juga menjelaskan bahwa, sebelum dirinya menjabat kades tanah tersebut sudah kavling sejak 2017, karena dirinya sangat butuh dana.

“Sampai sekarang masih beberapa kavling yang laku, sedangkan yang belum laku saya tanami sayuran,” jelas Kades Sedaeng.

Di singgung soal IMB, kades mengakui kalau tanah kavling belum ada ijin dengan alasan tanah pribadi. Jadi, ungkap Hadi.

Baca Juga : klik disini 👇  Logo Ormas Dibakar, DPD GRIB JAYA Jatim Datangi Polres Pasuruan

“Saya sempat koordinasi dengan Pak Camat soal tanah ini, katanya diperbolehkan karena itu untuk pemukiman,” tutup Hadi.

Sudah jelas diatur pemerintah dalam UU No 28 tahun 2002 junto undang – undang NO 1 tahun 2011 tentang perumahan dan pemukiman serta peraturan pemerintah NO 36 Tahun 2005, tentang aturan mendirikan bangunan yang berada di zona hijau harus melalui mekanisme yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Dari kejadian ini, awak media belum dapat menghubungi Camat Tosari atas pernyataan Kades Sedaeng soal lahan hijau boleh jadi perumahan.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!