Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tampil dalam Ketoprak Cindelaras, Pemuda Surabaya Tuai Pujian

Senin, 13 Februari 2023 | 2:57 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Surabaya_Lumbung-berita.com
Regenerasi seniman di Surabaya berjalan dengan baik. Salah satu buktinya adalah pagelaran ketoprak tadi malam di Gedung Balai Budaya Surabaya, Minggu (12/2/2023).

Gelaran yang dipadati ratusan penonton itu berlangsung meriah. Para pemainnya kolaborasi antara senior dan pemuda. Alhasil, tontonan di gedung bekas kolonial Belanda tersebut begitu memukau.

Dibuka dengan Tari Gambyong, ketoprak dengan cerita legenda Kediri, Cindelaras tersebut membuat penonton tak beranjak dari tempat duduknya.

Di deretan depan bangku penonton, tampak hadir Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto dengan ditemani budayawan Pasuruan, Ki Agung Setiyono seniman Ketoprak Yogyakarta Ki Soang Iswandi.

Kepada wartawan, Ki Bagong mengapresiasi dengan keterlibatan anak muda Surabaya. Para pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Seni Kethoprak Mekar Budaya pimpinan Ki Suharto itu, sebutnya, mau tampil total di tengah gemerlapnya Kota Surabaya.

“Salut. Melihat penampilan anak muda berkolaborasi dengan seniman senior dalam sebuah pementasan seni tradisi seperti ini, di kota sebesar Surabaya, jangankan ikut main, menontonpun sudah jarang yang mau,” ungkapnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Sementara itu di tempat yang sama, Soang Iswandi mengacungi jempol untuk seniman Surabaya yang sudah melakukan upaya regenerasi agar kesenian ini tidak punah dimakan jaman.

Selain menonton, Soang juga sedang melakukan “hunting” alias berburu pemain. Para seniman akan diajak bergabung untuk mengisi kesenian tradisional dalam program sebuah televisi nasional.

“Saya acungi jempol kerja keras seniman Surabaya yang berhasil meregenerasi anak muda untuk ikut bermain Ketoprak bahkan Ludruk di Surabaya,” tutup mantan pemain Srimulat ini.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!