Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tampil Perdana, Kesenian Mandor Jentrung Dapat Apresiasi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 1:53 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Blitar_Lumbung-berita.com
Pementasan perdana Mandor Jentrung di Desa Mangunan Udanawu, Blitar, mendapat apresiasi dari pejabat setempat, Kamis (11/8/2022).

Mandor Jentrung adalah sebuah pementasan seni Tutur Tradisi Lisan yang dikombinasi dengan Macapat dan Kentrung.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Blitar, Hartono, menyebutkan pihaknya merasa bangga di Blitar ada satu kesenian baru meski formatnya adalah seni tradisional.

“Meski ini adalah kesenian baru, tapi sarat akan muatan tradisional, misal Macapat, Kentrung dan Wayang,” ungkap pejabat yang akrab dengan seniman ini.

Selain dihadiri oleh Pejabat Dinas Kebudayaan Kabupaten Blitar, tampak juga perwakilan dari Dewan Seni Budaya Kabupaten Blitar, dan Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur (FPK Jatim).

Dalam kesempatan itu, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto didapuk sebagai pemotong tumpeng tanda dimulainya pentas Mandor Jentrung.

Usai pemotongan tumpeng, pria yang akrab disapa Ki Bagong ini meminta Mandor Jentrung konsisten dilestarikan. Tidak sekadar mencuat di awal dan kemudian hilang.

“Kesenian ini jangan sebatas ‘obor blarak’, hanya sementara saja, tetapi harus dijaga dan dilestarikan oleh semua komponen,” terangnya.

Baca Juga : klik disini  Polresta Pasuruan Salurkan Bantuan Untuk Santri asal Papua

Untuk makin menguatkan salah satu komponen kebudayaan di Blitar, di sela-sela acara, Ki Bagong menyematkan PIN FPK kepada 10 orang seniman sebagai anggota kehormatan FPK Jatim.

”Semua komponen yang terlibat dalam kesenian ini punya tanggung jawab moral untuk tetap menjaga agar kesenian ini tetap lestari,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!