Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tarian Lansia Meriahkan Haul Mbah Sapu Logo

Minggu, 30 Juli 2023 | 2:52 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Ruwat Dusun Bangkok dan Haul Mbah Sapu Logo di Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Sabtu malam (29/7/2023) berlangsung meriah.

Pantauan Lumbung Berita, haul yang ke-11 ini juga disemarakkan dengan berbagai tarian. Agak berbeda dengan tahun sebelumnya, gelaran kemarin malam itu juga menampilkan tarian dari kaum lansia.

Para lansia ini tampil menari, melenggang, dan bernyanyi mengikuti irama musik. Penonton pun langsung sigap mengabadikan momen ini dengan gadget masing-masing.

Namanya juga lansia, jangan dibayangkan gerakan mereka seenergik yang muda-muda. Bahkan, beberapa kali gerakan mereka keliru. Satu dengan yang lainnya tak sama. Namun, kekeliruan ini malah sukses mengocok perut ratusan penonton yang hadir.

“Saya cukup terkejut. Yang tua-tua tak mau kalah. Antusiasnya begitu tinggi. Mereka sendiri yang meminta untuk tampil. Ini sesuatu yang membanggakan bagi kami,” terang Ketua Paguyuban Mbah Sapu Logo, Kariyono.

Pria berusia 54 tahun ini bangga melihat partisipasi warga Bangkok yang cukup tinggi. Ia mengakui tak gampang melestarikan Haul Mbah Sapu Logo hingga bisa berjalan sampai 11 tahun.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

“Apalagi sebagian besar dananya berasal dari masyarakat Bangkok sendiri. Selama setahun warga menabung untuk Haul. Jadi memang tak gampang menjaga Haul ini tetap berjalan,” paparnya.

Meski begitu, ia bersyukur. Selama ini tak ada keluhan dari warga. Seluruhnya bisa dibilang kompak. Ia pun berharap kekompakan ini bisa memunculkan generasi-generasi penerus pelestari Haul Mbah Sapu Logo.

“Kedepannya, kami berharap semua warga kompak dan guyub. Karena regenerasi untuk pelestarian budaya ini harus tetap jalan. Jangan sampai stagnan,” tandasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Samsul Hidayat angkat jempol kepada ruwat dusun dan Haul Mbah Sapu Logo.

Sepanjang pengamatannya, gelaran ini sukses menyedot animo masyarakat. Banyak masyarakat dari luar Dusun Bangkok yang juga hadir. Efeknya, sambungnya, pedagang kaki lima banyak diserbu pengunjung.

“Ruwat Dusun dan Haul ini sudah selayaknya dilestarikan. Saya lihat meriah. Kegiatan ini saya nilai positif. Bisa mengangkat UMKM, banyak yang berjualan. Apalagi tadi saya lihat segala potensi di Dusun ini juga ditampilkan semua,” urainya.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

Sebagai anggota dewan, ia menyebut gelaran ini layak mendapat support penuh dari pemda. Pasalnya, kegiatan semacam ini bisa mengarahkan generasi muda melakukan kesibukan positif.

“Kami di DPRD ataupun Pemda, bisa mensupport program pertunjukan rakyat. Jadi lebih meringankan beban masyarakat. Karena gelaran ini positif. Terutama bagi anak-anak. Mereka bisa mendapatkan aktivitas yang positif lewat belajar menari dan lainnya,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA