Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tegaskan Tak Lari, Agus Siap Tanggung Jawab

Senin, 3 April 2023 | 12:16 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Sidoarjo_Lumbung-berita.com
Tertuduh aktor utama penipuan lowongan pekerjaan akhirnya buka suara. Pria bernama lengkap Agustinus Dwi Atmaja itu memberikan keterangan saat berada di Kedai di Kota Sidoarjo, Sabtu (1/4/2023).

Kepada Lumbung Berita, pria berpanggilan akrab Agus itu menegaskan dirinya tak melarikan diri. Pasca penandatanganan surat pernyataan di Polres Pasuruan (29/1), ia mengaku mencari uang lewat bekerja.

“Saya enggak melarikan diri. Saya fokus mencari dana untuk mengembalikan uang para pelamar. Kalau saya niat melarikan diri, ya sudah dari dulu saya menghilang,” terangnya.

Lalu, bagaimana bisa dia bagai hilang ditelan bumi? Agus menjelaskan, selama ini ia bekerja di luar Jatim. Ia juga sengaja berganti nomor HP agar tak selalu dihubungi para korbannya.

Pria berusia 34 tahun itu beralasan membutuhkan fokus untuk bekerja. Pekerjaan yang ia lakukan sekarang jauh dari praktik percaloan yang ia geluti selama ini.

“Saya sekarang sudah kerja benar, Mas. Kalau bolak balik dihubungi, terus terang pasti saya khawatir dan timbul rasa cemas. Yang saya takutkan, karena didesak terus, saya akhirnya kembali melakukan percaloan yang tak terpuji tersebut. Malah enggak selesai-selesai urusannya,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Otak Pelaku Utama Produsen Sabu Ketanireng Prigen Diduga Seorang Napi

Hasil dari bekerja itu, beberapa ia sisihkan untuk menyicil uang para korban. Caranya lewat trasfer ke rekening Sandy. Seluruh pencicilan kewajibannya, ia pasrahkan kepada Sandy.

“Saya enggak hitung berapa kewajiban saya. Yang jelas ratusan juta. Saya percayakan kepada Mas Sandy. Biar Mas Sandy yang memilah dan memilih korban mana yang dibayar terlebih dulu,” urainya.

Sambil memegang kertas berisi daftar korban yang sudah dicicil, ia memastikan tak akan lari dari tanggung jawab. Seluruh korban, ia jamin, akan dilunasi. Hanya saja, ia meminta waktu kepada para korban untuk mencari dana.

“Saya mohon para korban bersabar. Saya tahu saya salah. Tapi uang ratusan juta itu juga enggak mungkin bisa saya dapatkan sekejap mata. Dalam surat pernyataan saya, juga tidak disebutkan tenggat waktunya, tetapi pasti saya lunasi,” pintanya.

Meski begitu, ia tetap bersikukuh tak akan membuka nomor Ponselnya untuk para korban. Namun, pria bertubuh tambun itu mempersilakan bila korban menghubungi Sandy untuk mendapatkan update info terbaru.

Baca Juga : klik disini 👇  Pihak RSUD Grati Tepis Melakukan "Malpraktek" Atas Meninggalnya Balita 1 Tahun

“Dalam surat pernyataan itu juga tertulis Mas Sandy sebagai penjamin. Makanya saya satu pintu, lewat Mas Sandy. Saya pasti tak akan meninggalkan Mas Sandy. Semuanya saya yang akan bayar,” tegasnya.

Namun, andaikata para korban hilang kesabaran dan berniat membawa ke meja hijau, ia mengaku pasrah. Ia legawa jika akan berurusan dengan hukum.

“Mau-enggak mau, saya harus siap. Misalnya para korban sudah hilang kesabaran dan berniat melaporkan saya, saya terima. Saya legawa. Saya siap. Tapi kalau bisa, ya enggak sampai ke meja hijau. Artinya, saya akan lunasi semuanya,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan calon pekerja tertipu dengan calo lowongan kerja yang dilakukan oleh Agus dengan mencatut CV Zavier Sumber Rejeki.

Rerata para korban menyetorkan uang 2,5-4 juta rupiah agar diterima kerja. Nahasnya, pekerjaan yang mereka inginkan harus kandas. Uang mereka pun juga lenyap tak jelas.

Untuk klarifikasi Agus terkait kemana saja uang itu mengalir, tunggu Lumbung Berita edisi besok.

Jurnalis: Indra

Baca Juga : klik disini 👇  Berkat Sampah, Randupitu Kembali Tuai Penghargaan

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!