Lumbung Berita
NEWS TICKER

Terobosan Baru FPK Pasuruan: Buka Pelatihan Seni Macapat, Gratis!

Selasa, 8 Juni 2021 | 2:44 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kabar baik bagi siapa saja yang ingin mendalami atau sekadar ingin tahu seni Macapat. Forum Pamong Kebudayaan Pasuruan menggelar pelatihan macapat gratis.

Latihannya rutin. Dua kali dalam seminggu, dengan tempat yang berbeda-beda tiap edisi. Untuk hari ini, latihan dilakukan di Sanggar Gladi Macapat, Gempol, Kabupaten Pasuruan, Selasa (08/06/2021).

“Latihan akan kita gelar dua kali dalam seminggu. Rutin. Siapapun boleh ikut latihan. Tidak ada batasan umur maupun persyaratan khusus. Semua boleh ikut, gratis,” tutur Ketua FPK Pasuruan Ari Kurniawan.

Macapat yang dibaca, sambung Ari, berasal dari bermacam-macam judul macapat. Seperti Maskumambang, Kinanti, dan lainnya.

Terkadang juga tentang pemaknaan Al-qur’an juz ke- 30. Pemaknaan tersebut selanjutnya digubah ke dalam bahasa Jawa.

“Kita juga mengambil dari Al-Qur’an juz ke- 30, seperti Al-Waqiah ataupun Al-Kautsar,” lanjut pria berdomisili di Gempol tersebut.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Seni FPK Jatim, Martina Ari Saraswati menerangkan kegiatan ini sebagai upaya memajukan seni Macapat.

“Kegiatan ini untuk memajukan seni Macapat yang semakin tertinggal dan termarjinalkan, terutama di kalangan kaum milenial,” papar seniman muda alumni ISI Jogja tersebut.

Baca Juga : klik disini  Hakim Tak Kunjung Datang, Pelanggar Prokes di Gempol Gusar

Selain latihan di Sanggar, FPK akan melakukan terobosan dengan program Seniman Masuk Kelas (SMK). Rencananya, program SMK dilaksanakan ketika proses belajar mengajar di sekolah sudah mulai tatap muka.

“Kami akan jemput bola. Masuk ke sekolah dari berbagai tingkatan ketika sudah boleh belajar dengan tatap muka,” pungkas aktivis teater ini.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA