Lumbung Berita
NEWS TICKER

Terobosan Kreatif PPK Gempol: Cek DPT di Lokasi Sedekah Bumi

Minggu, 9 Juli 2023 | 4:14 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gempol punya terobosan kreatif dalam mengecek keabsahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Yakni dengan mendatangi tempat berkumpulnya massa.

Seperti yang dilakukan Minggu pagi (9/7/2023) di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. PPK Gempol hadir dalam acara sedekah bumi dan ruwat petirtaan Candi Belahan.

“Kami PPK dan PPS Kecamatan Gempol dalam rangka mengecek seluruh masyarakat di Gempol ini apakah sudah masuk daftar pemilih tetap apa belum,” ujar Ketua PPK Gempol, Sulaiman Abbas.

Bersama petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kecamatan Gempol, PPK mendatangi tiap warga yang sedang menunggu acara ruwatan.

“Kegiatan ini kami rasa efektif. Karena berbarengan dengan acara sedekah dusun yang kami asumsikan banyak masyarakat kumpul. Sehingga mudah mengecek masing-masing orang,” terangnya.

Satu persatu warga diminta menunjukkan KTP. Kemudian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dicatat dan dicek lewat website resmi KPU.

“Masing-masing pengunjung kami cek, kami mintai KTP, kami masukkan datanya dan akan kelihatan sudah masuk apa belum,” paparnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Rumah Pimred Potretlensa di Teror Pakai Batu dan Senapan Angin

Setelah hasilnya keluar, petugas akan memberi tahu lokasi TPS tempat mereka mencoblos. Bagi yang belum terdaftar, petugas akan merekomendasikan sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK)

“Kalau belum akan kami rekomendasikan ke PPS bersangkutan untuk didaftarkan sebagai Daftar Pemilih Khusus, yaitu daftar pemilih yang belum masuk DPT tapi mempunyai hak suara pada Pemilu 2024,” tuturnya.

Terobosan ini, lanjut Sulaiman, baru langkah awal. Selanjutnya, PPK akan menginstruksikan kepada PPS di desa masing-masing untuk membuat posko serupa. Yakni posko cek DPT.

“Karena target kami memastikan masyarakat masuk DPT. Jadi biar tidak ada satupun hak suara masyarakat yang tidak terdaftar dan terdata,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!