Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tiba di Lumajang, FPK Jatim Serahkan Bantuan ke Pengungsi

Jumat, 10 Desember 2021 | 4:11 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Lumajang_Lumbung-berita.com
Usai beberapa hari mengumpulkan donasi dari para seniman, budayawan, dan masyarakat lainnya, Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, siang tadi (10/12/2021) bergerak menyerahkan bantuan tersebut.

Bantuan sebanyak dua pikap itu langsung diberikan kepada pengungsi erupsi Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Ada dua titik lokasi dalam penyerahan tersebut.

Titik pertama di Masjid Nurul Jadid, Desa Supiturang yang menjadi tempat mengungsi sekitar 50 warga. Bantuan diterima oleh takmir masjid dan salah satu pengungsi.

“Ini hasil sumbangan dari para seniman, budayawan, para guru, siswa-siswi TK, anggota dan pimpinan sanggar seni dan pimpinan grup kesenian,” ujar Ketua FPK Jatim Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Sedikit berbeda dengan kebanyakan bantuan dari pihak lainnya, FPK Jatim memilih langsung menemui dan menyerahkan langsung ke pengungsi tanpa melalui posko bencana.

Ki Bagong punya alasan tersendiri mengapa memilih pendistribusian secara langsung. Menurutnya, hasil pengamatan seniman di Lumajang menunjukan barang bantuan di posko-posko tersebut menumpuk dan belum terdistribusi.

“Kami maklum, mungkin mereka terkendala tenaga. Jadi kami memilih langsung memberikan bantuan secara door to door ke warga di lokasi bencana maupun di pengungsian,” ungkapnya.

Baca Juga : klik disini  Diduga Rem Blong, Dump Truk "Terguling" di Ngembal Tutur

Selesai dari lokasi pertama, FPK Jatim bergerak ke lokasi kedua. Masih di desa yang sama, tapi tim membagikan secara door to door kepada para pengungsi yang menyebar di beberapa tempat.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) itu pun berlangsung mulus. Bantuan berupa pakaian, peralatan salat, peralatan mandi-cuci, peralatan tidur, kebutuhan perempuan dan bayi tersebut sukses tersalurkan.

“Barang yang diserahkan sudah diseleksi ketat. Yang kami berikan adalah kualitas yang terbaik. Karena kami berkeinginan jangan sampai lokasi bencana menjadi tempat pembuangan sampah baju bekas,” tukasnya.

Salah satu pengungsi, Hasan, mengamini pernyataan Ki Bagong. Menurutnya, pakaian yang diberikan FPK Jatim sangat layak pakai. Bahkan sebagian besar pakaian baru.

“Sangat bermanfaat, karena pakaian yang diberikan sangat layak dipakai dan sebagian besar pakaian baru,” tutup warga Supiturang yang mengungsi di rumah saudaranya tersebut.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!