Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tiga Pentolan LSM Pasuruan Timur Desak Usut Dugaan Pengondisian Proyek

Selasa, 6 April 2021 | 3:34 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Desak pengusutan kasus dugaan pengondisian proyek di Pemkab Pasuruan dan pemotongan BOP Kemenag, Aliansi_GAB dan Format Pasuruan Timur rencanakan demo kejaksaan.

Kisruh dugaan pengondisian lelang proyek dilingkungan pemerintah Kabupaten Pasuruan yang mencuat ke publik disinyalir melibatkan berbagai pihak dari oknum wartawan, pegiat aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM ).

Dugaan pengondisian hingga pejabat penting di lingkungan pemerintah daerah. Kini mendapatkan perhatian serius dari gabungan LSM yang berbasis wilayah Pasuruan bagian timur, yang akan melakukan aksi demonstrasi ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

Hal ini dipicu salah satunya karena pembangunan yang dianggap tidak merata diwilayah Kabupaten Pasuruan, dan condong lebih mengutamakan pembangunan wilayah barat.

Sebagaimana di ungkapkan Ketiga pentolan GAB Abdul Yunus, Sayyid dan Suari pada media ini usai menyerahkan surat pemberitahuan aksi demonstrasi di Polresta Pasuruan sekitar pukul 14.00 Wib, Selasa (06/04/21).

“Sudah lama kami dari LSM di Pasuruan timur menilai bahwa pembangunan di Kabupaten Pasuruan, seolah condong diwilayah barat saja,” Kata Sayyid.

Baca Juga : klik disini 👇  Masalah BPD di Sekar Putih Tak Kunjung Usai, AJIB Datangi DPMD

Dikatakan Sayyid, ditambah lagi pemerintah saat ini yang kita nilai tidak bersikap profesional dan proporsional, sehingga banyak proyek proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan seolah sudah dikondisikan.

“Sebagaimana saat ini ramai di pemberitaan publik terkait beredarnya fee proyek pada pejabat teras di Pemerintah daerah, hingga oknum wartawan dan LSM juga ikut dalam pengkondisian proyek tersebut,” Tegas Sayyid.

Abdul Yunus , Sayyid dan Suari Ketiganya menambahkan, disamping pihaknya menuntut kejaksaan mengusut dugaan pengkondisian proyek, juga meminta Kejaksaan Negeri Bangil untuk secepatnya menuntaskan penyidikan kasus pemotongan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), yang ada dilingkungan pendidikan dibawah tanggung jawab Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan.

“Pungli BOP yang banyak memakan korban lembaga pendidikan agama seperti TPQ, MADIN hingga yayasan Pondok Pesantren sudah tidak bisa ditolerir lagi, karena, seharusnya pendidikan agama adalah dasar untuk mencetak moral bangsa yang unggul berlandaskan agama,” Ucapnya.

Oleh karena itu kami dorong Kejaksaan untuk segera memanggil dan mengusut pejabat Kemenag, yang diduga terlibat sebagai otak pemotongan tersebut,” Jelas pria rambut gondrong ke Lumbung-berita.com.

Baca Juga : klik disini 👇  Miliki Petasan, Warga Sumbersuko di Tangkap Unit Reskrim Polsek Purwosari

Adapun aksi demonstrasi gabungan LSM Pasuruan timur, rencananya di gelar pada Jumat 09 April 2021, dihalaman Kejaksaan Negeri Bangil.

Demo terdiri dari LSM-GAB, FORMAT, LSM Penjara, LSM RI, serta unsur masyarakat sekitar 100 peserta sebagaimana surat pemberitahuan ke Polresta dan Kabupaten Pasuruan yang diterima.

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!