Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tinjau Penyekatan, Dua Pati Polri Kunjungi Pasuruan

Sabtu, 15 Mei 2021 | 9:55 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Dua hari sebelum masa penyekatan usai, Kabupaten Pasuruan kedatangan dua perwira tinggi dari Mabes Polri dan Polda Jatim, Sabtu (15/05/2021).

Kedua perwira tersebut adalah Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Operasi Ketupat 2021 dari Korlantas Mabes Polri, Brigjen Yusuf dan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta.

Brigjen Yusuf hadir lebih dulu. Sekira pukul 10.00 WIB. Ia hadir di Pos Penyekatan simpang empat Taman Dayu, Kecamatan Pandaan.

“Kami Pamatwil Korlantas Mabes Polri melaksanakan pemantauan wilayah, khususnya di Jatim, terhadap larangan mudik yang sudah disampaikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Kedatangan ke Jatim ini bukan yang pertama bagi Yusuf, sebelumnya polisi dengan pangkat satu bintang tersebut juga memantau kota lain seperti Ngawi, Banyuwangi, Tuban, dan Jombang.

“Sekarang mengamati di Pasuruan dan Surabaya,” ujar pati yang juga menjabat sebagai Dirregindent Korlantas Mabes Polri tersebut.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, penyekatan hasil evaluasi tahun lalu ini terbukti efektif menangkal penyebaran Covid-19.

“Penyekatan ini efektif. Ini kan sebagai tindak lanjut dari kegiatan tahun lalu. Tahun lalu dievaluasi sama Mabes Polri, kemudian dilaksanakan tahun sekarang. Jadi efektif,” tegasnya.

Baca Juga : klik disini  Pemkab Pasuruan Kucurkan Bantuan untuk Korban Banjir Gempol

Selang satu jam kemudian, giliran Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto yang hadir di Kabupaten Pasuruan.

Dua dari Tiga Pilar Jatim itu mengunjungi Kafe D’gunungan, di Taman Dayu, Kecamatan Prigen untuk memantau protokol kesehatan di tempat wisata.

“Hari ini kami melakukan pengecekan di Jatim Park 3. Sekarang di Taman Dayu, untuk memastikan beberapa hal. Yakni penyekatan, pelaksanaan prokes di tempat wisata, prokes di tempat religi, dan pengecekan arus balik,” ujar Irjen Pol Nico Afinta.

Untuk area wisata, jenderal bintang dua ini mengimbau kepada pengelola dan pengunjung untuk mematuhi prokes secara ketat.

“Kami mengimbau pengelola laksanakan prokes, dan pengunjung juga mematuhi prokes. Untuk petugas sediakan sarana dan prasarana dan berkoordinasi dengan satgas,” pintanya.

Dijelaskan Nico Afinta, selama masa penyekatan, sebanyak 215.997 kendaraan telah diperiksa. Dengan rincian 43.665 kendaraan di instruksikan putar balik dan 3.197 kendaraan dilakukan tes swab.

Dari 3.197 yang dilakukan tes swab, didapati 21 orang reaktif dan positif. Orang-orang tersebut kemudian dikarantina dan dirawat.

Baca Juga : klik disini  Sugiarto Bantu Fasilitasi Asuransi Jiwa Bagi Komunitas RAPI

“Kami imbau apabila masyarakat kembali, maka lengkapi dengan surat keterangan bebas covid-19 atau surat tugas instansi tempat bekerja. Sedangkan untuk pribadi, harus dilengkapi dengan keterangan RT-RW setempat,” terangnya.

Penyekatan ini, sambung Nico, sedianya sampai 17 Mei 2021. Namun dirinya menerangkan, pihak Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya dan Pemprov Jatim akan siap bila nantinya masa penyekatan akan diperpanjang.

“Kami memohon tetap waspada covid, jangan lengah. Kami akan laksanakan sampai tanggal 17 (Mei), tapi nanti melihat situasi dan kondisi. Bisa saja diperpanjang. Yang jelas kami mengikuti arahan dari bapak Kapolri. Apapun perintah Kapolri, kami siap demi kesehatan dan keamanan masyarakat,” tutupnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!