Lumbung Berita
NEWS TICKER

Uji Coba Kolam Baru, Pemdes Wonosunyo Berencana Gratiskan Setahun

Minggu, 1 Oktober 2023 | 9:30 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Kolam baru di sisi barat Sumber Tetek Candi Belahan, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan hari ini resmi diuji coba, Minggu (1/10/2023).

Selama setahun, Pemdes berencana menggratiskan biaya masuk kolam tersebut. Hal ini ditegaskan oleh Kades Wonosunyo, M. Saleh saat peresmian Pasar Desa Wonosunyo, tadi siang.

“Masih belum resmi dilaunching. Masih kita uji coba. Kami berencana menggratiskan biaya masuk selama setahun. Untuk detailnya, tunggu saja. Belum saatnya saya infokan sekarang,” terangnya.

Sedangkan menurut Sekdes Wonosunyo, Ansori, kolam imitasi ini nantinya akan dikelola pemdes. Saat ini, pihaknya mencoba kelayakan kolam dan belum dibuka untuk umum. Tujuannya, pengecekan bila ada kebocoran.

“Nanti akan ada sendiri launching resminya. Sekarang dalam tahap uji coba dengan cara diisi air. Untuk mengetahui ada kebocoran apa tidak,” paparnya.

Meski berstatus uji coba dan belum dibuka untuk umum, tapi antusias warga begitu tinggi. Anak-anak terlihat berkerumun ingin nyemplung.

Pihak pemdes pun luluh. Pintu yang semula ditutup rapat, akhirnya dibuka. Puluhan anak-anak yang antri langsung menyerbu. Dalam sekejap, kolam terisi penuh bocil-bocil.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

“Sebetulnya belum boleh dibuat renang. Tapi anak-anak kadung antusias. Apalagi barengan sama peresmian pasar desa. Ya sudah, untuk kali ini saja,” terang Ansori.

Camat Gempol, Komari sempat melihat dari dekat kemeriahan anak-anak tersebut. Dirinya menyambut positif pembangunan kolam itu. Ia lalu menyarankan pemdes sering-sering membuat event untuk mempromosikan Desa Wisata Wonosunyo.

“Selain promosi lewat medsos, ada baiknya juga menggelar event. Event yang ringan saja. Yang tak butuh biaya banyak. Yang penting menarik wisatawan berkunjung,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kolam baru ini memiliki sejarah yang cukup berliku. Diawali dari Surat Edaran dari BPCB Jatim (sekarang BPK Wilayah XI) yang melarang mandi di Sumber Tetek pada November 2020.

Larangan ini lalu direspon keras oleh Budayawan yang tergabung dalam Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim dan Pasuruan.

Perseteruan ini akhirnya membuahkan jalan tengah. Salah satu solusi yang disepakati adalah pembangunan kolam baru di sisi barat Sumber Tetek.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!