Lumbung Berita
NEWS TICKER

Usai MoU UMKM di Prigen, Anggota Dewan Soroti Hal Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 6:27 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Selepas penandatanganan MoU antara tiga komponen penggerak ekonomi pada even Pasuruan Salebration 2022 di Prigen, sore tadi (30/6/2022), anggota DPRD Kabupaten Pasuruan meminta ada tindak lanjut kegiatan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Himpunan Asosiasi UMKM dan IKM (HIAS) Kabupaten Pasuruan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Pasuruan (PHRI) Pasuruan, dan PT Pos Indonesia (persero) Kantor Cabang Pasuruan meneken MoU.

MoU tersebut terkait penjualan produk UMKM dan IKM kepada Hotel dan Restoran. Sedangkan pendistribusiannya melalui PT Pos Indonesia Kantor Cabang Pasuruan.

Anggota DPRD dari fraksi NasDem, Joko Cahyono menegaskan yang terpenting usai teken kerjasama itu adalah aksi lanjutan dari para penggerak ekonomi.

“Itu hanya prolog saja. Yang terpenting adalah kelanjutannya,” ujar politisi bertubuh subur tersebut.

Ia menggarisbawahi, di Pasuruan sendiri sudah menjadi jujukan masyarakat luar kota. Tentunya hal itu bisa menjadi modal penting pengoptimalan pertumbuhan ekonomi.

“Karena yang perlu dipahami dimana ada kerumunan massa, disitu pasti ada peluang usaha. Tinggal mengoptimalkan siapa yang menjadi komponen ataupun pelaku usaha ini,” terangnya.

Baca Juga : klik disini  Pisah Sambut Danramil Purwosari, Kapten Indar Gantikan Kapten Puji

Yang terpenting, menurutnya, adalah asas pemerataan. Pelaku usaha skala besar diusahakan tidak mencaplok sendiri potensi keuntungan dari masyarakat. Melainkan juga berbagi “kue” dengan pelaku usaha skala kecil.

“Kalau ada keuntungan, ya berilah kesempatan kepada yang kecil untuk tumbuh dan berkembang. Harus mengedepankan kesepadanan. Win-win solution lah,” ungkapnya.

Pendapat serupa juga diutarakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan. Pria berdomisili di Bangil ini meminta setelah penandatanganan itu akan ada tindak lanjut.even lebih besar dari Pasuruan Salebration 2022.

Sebagai legislatif, ia akan berusaha mendorong Pemkab Pasuruan membuat even dengan skala yang lebih besar daripada Pasuruan Salebration 2022. Salah satu permintaannya adalah keterlibatan ratusan UMKM.

“Kalau ada even yang lebih besar, tentu akan menghadirkan masyarakat di luar Kabupaten Pasuruan sebanyak-banyaknya. Disamping menikmati destinasi wisata juga bisa berbelanja dan lebih mengenal hasil karya UMKM Pasuruan,” jelasnya.

Mengingat potensi yang luar biasa besar dari Pasuruan, sambungnya, tak berlebihan bila mengharapkan banyak pelaku UMKM dari seantero Pasuruan yang ambil bagian.

Baca Juga : klik disini  Mas Dion Sidak Dua Titik ke Disnaker, Soal Pelatihan Kerja

“Kita punya beragam potensi. Mulai dari laut, industri, bahkan hasil perkebunan seperti kopi dan yang lainnya. Kalau tahun ini belum bisa maka harapan kami di tahun 2023 akan adanya gelaran pameran UMKM yang lebih besar,” tandasnya.

Keinginan dua legislatif Pasuruan itu tampaknya tak bertepuk sebelah tangan. Beberapa waktu lalu Ketua PHRI Pasuruan, Fuji Subagiyo, sudah mengisyaratkan akan ada even yang lebih besar.

“Even ini baru awal. Selanjutnya insyaallah lebih besar lagi. PHRI sendiri sudah menyiapkan program berupa diskon besar-besaran,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!