Lumbung Berita
NEWS TICKER

Usul Kementerian Kebudayaan, Seniman Siapkan Surat untuk Presiden Terpilih

Rabu, 21 Februari 2024 | 4:20 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-Berita.com
Keinginan seniman akan adanya Kementerian Kebudayaan makin besar. Wacana sejak 2012 lalu dicoba direalisasikan secepat mungkin. Salah satunya dengan mengirim surat.

Upaya tersebut dimulai hari ini (21/2/2024) di Candi Waji Mojokerto. Para seniman dan budayawan berkumpul untuk membuat surat yang akan dikirim ke Presiden terpilih.

Dimotori oleh Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur, beberapa seniman dan budayawan dari beberapa komunitas seni budaya menyusun surat yang dibaca bersama dan juga akan dikirim langsung ke Jakarta dan Solo.

Surat tersebut berisi usulan kepada presiden terpilih agar dalam kabinet mendatang ada Kementerian Kebudayaan yang berdiri sendiri. Tidak digabung dengan bidang lain.

Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jatim mengatakan jika wacana adanya Kementerian Kebudayaan tercetus sejak 2012 saat dirinya mengikuti Kongres Nasional Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Surabaya.

“Lalu, dilanjut pada 2017. Yakni Kementerian Kebudayaan jadi bahasan di acara Rembug Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta,” terangnya.

Bahkan Desember 2023 lalu, sambungnya, dalam Munas Dewan Kebudayaan tercetus Resolusi Ancol yang salah satu poinnya menyebut perlunya ada Kementerian Kebudayaan.

Baca Juga : klik disini 👇  Logo Ormas Dibakar, DPD GRIB JAYA Jatim Datangi Polres Pasuruan

Yang terbaru wacana pembentukan Kementerian Kebudayaan juga menjadi bahan Debat Capres awal Februari kemarin.

“Sudah 12 tahun Kementerian Kebudayaan ini didengungkan, kami berharap Pemerintahan Kabinet mendatang bisa mengakomodir keinginan seniman dan budayawan agar di Indonesia ada Kementerian Kebudayaan,” pungkasnya.

Acara yang dihadiri budayawan dari Gresik, Tulungagung, Batu, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Lamongan, Jombang, Surabaya dan Sidoarjo diakhiri dengan pembacaan surat usulan kepada Presiden terpilih.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!