Lumbung Berita
NEWS TICKER

Warga Binaan Dan Pegawai Lapas Kelas IIB Ngawi Di Tes Urine

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:13 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Foto : Kepala Lapas Kelas IIB Ngawi Gowim Mahali bersama Heka Sandiar Putra

NGAWI,lumbung-berita.com

Lapas Kelas IIB Ngawi Kanwil Kemenkumham Jawa Timur meneguhkan komitmen bebas dari narkoba dan barang terlarang. Beberapa warga binaan dan pegawai di tes urine secara acak.

Jumat (27/01/2023), sekitar pukul 16.00 WIB, telah dilaksanakan razia oleh Tim Satops Patnal Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Ngawi.

Tak pandang bulu, razia dilakukan diseluruh blok laki-laki dan perempuan, dengan hasil tidak ditemukan adanya barang yang dilarang seperti handphone dan narkoba.

Hasil tersebut juga dibuktikan dengan tes urine yang dilakukan kepada beberapa warga binaan dan pegawai. Sejumlah 25 warga binaan dan petugas jajaran pengamanan Lapas Ngawi dipilih secara acak untuk melakukan tes urine.

“Kami acak, bahkan setiap pegawai yang dites tidak diberitahu sebelumnya,” ujar Kalapas Ngawi Gowim Mahali.

Menurut Gowim, cara ini untuk memastikan bahwa proses tes berjalan dengan transparan, sehingga hasilnya pun bisa sesuai dengan kenyataan sesungguhnya tanpa ada yang di manipulasi.

Baca Juga : klik disini 👇  Rumah Pimred Potretlensa di Teror Pakai Batu dan Senapan Angin

“Alhamdulillah, seluruh warga binaan dan pegawai Lapas Kelas IIB Ngawi yang dites urine seluruhnya hasilnya negatif,” tutur Gowim.

Tidak hanya itu, Gowim menjelaskan bahwa tes urine dilakukan sebagai deteksi dini gangguan kamtib. Serta melaksanakan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju+ 1 Back to Basic.

Hal tersebut sebagai langkah preventif pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah beredarnya barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas.

Disamping itu Tim Satops Patnal, juga melakukan pengecekan instalasi listrik dan tidak menemukan instalasi ilegal yang dapat menyebabkan kebakaran.

Razia dilaksanakan dengan mengedepankan humanisme, dengan tetap memperhatikan hak – hak mereka dan menegaskan tata tertib didalam lapas agar tidak terjadi pelanggaran yang menyebabkan gangguan kamtib.

Gowim berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadikan Lapas Kelas IIB Ngawi senantiasa dalam kondisi aman dan kondusif serta bersih dari narkoba.

Barang bukti hasil penggeledahan berupa silet, palu, gunting dan obeng selanjutnya diinventarisir dan dicatatkan dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan yang selanjutnya diamankan untuk dimusnahkan.

Baca Juga : klik disini 👇  Berkat Sampah, Randupitu Kembali Tuai Penghargaan

Penerbit : red

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!