Lumbung Berita
NEWS TICKER

Warga Rela Panjat Tebing 70 Meter Demi Perbaiki Saluran Air Bersih

Selasa, 25 Mei 2021 | 9:12 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Ibaratnya Film Super Hero Spiderman, adegan itulah yang dilakukan beberapa warga yang rela memanjat tebing demi memperbaiki saluran air bersih di atas jurang, samping air terjun di Dusun Dawuhan Sengon Tengah, Desa Dawuhan Sengon Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Sejumlah warga yang memanjat antara lain, Dusun Jeruk, Pedes, Banjiran Selatan, dan pengurus serta sekertaris Desa Lebak Rejo hingga jajaran Kepala Dusun.

Mereka saling bahu-membahu dan bergotong royong rela memanjat tebing dengan ketinggian 70 Meter, demi memperbaiki saluran air bersih yang terkena longsor akibat hujan deras pada musim hujan yang lalu, Senin (24/05/21).

Padahal lokasi sangat berat dan berbatu hingga membahayakan para pemanjat tebing. Mengingat lokasinya disamping air terjun yang dipanjat langsung oleh warga ibarat Super Hero Spiderman.

Hal ini, dilakukan demi Mendapatkan suplai air bersih, agar bisa mengalir lancar kembali ke saluran rumah-rumah milik warga di ketiga dusun tersebut.

Kondisi tersebut terjadi dikarenakan saluran air terputus, sehingga air tidak bisa masuk ke saluran pipa, dan terbuang ke sungai.

Baca Juga : klik disini  Diskominfo Pemkot Batu Gelar Koordinasi bersama Awak Media

Putusnya saluran air tersebut mengakibatkan terhentinya pasokan air bersih ke 2000 Kepala keluarga.

Padahal saluran air tersebut merupakan kebutuhan yang paling mendasar, untuk keperluan sehari-hari seperti minum mandi dan mencuci.

Warga dan perangkat desa secara bahu membahu memasang kembali saluran pipa pipa yang ambrol akibat curah hujan tinggi yang lalu. Dengan menggunakan alat seadanya warga mengamankan jaringan air untuk memperkuat pipa supaya tidak ambrol kembali.

Setelah selesai, wargapun beristirahat di saung milik salah satu warga desa dan menyantap makanan secara bersama-sama, di bawah dari rumah sebagai penghilang penat dan lapar saat selesai memperbaiki saluran air bersih.

Menurut keterangan dari Kepala Dusun Jeruk, Didik Harianto, ia mengungkapkan, sebenarnya saluran air ini telah dibangun oleh desa, tapi sudah sangat lama, namun saluran air ini sering ambrol.

“Desa Lebakrejo sempat mau menganggarkan tetapi anggarannya tidak cukup karena terlalu besar, mengingat saluran air ini sangat panjang hingga kurang lebih 2 sampai 3 Km mengaliri tiga Dusun. Kemudian kami membangun dari hulu dulu dan yang sangat rawannya dulu waktu itu,” Ujar Didik Harianto.

Baca Juga : klik disini  Pria di Kraton Tewas, Tubuh Membengkak dan Menghitam

Sementara Sekdes Lebakrejo, Suyono menjelaskan, kami warga dan bersama jajaran pemerintahan Desa Lebakrejo, berharap kepada pemerintah pusat, dan daerah hingga Kabupaten Pasuruan agar mau membantu kami dalam memberikan bantuan fasilitas tandon dan saluran pipanisasi, agar kelak warga kami tidak kekurangan air,” Tutup Sekdes.

Jurnalis : Yudha.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!