Lumbung Berita
NEWS TICKER

Wasis, Sosok Pemimpin Berkarakter di BBPP Batu

Rabu, 13 Januari 2021 | 4:27 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Batu_Lumbung-berita.com
Salah satu ujung tombak kesuksesan program Kementerian Pertanian ada pada Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), sudah tentu BBPP Batu mempunyai peran strategis. Yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan.

Peranan tersebut mustahil dapat dijalankan tanpa adanya sosok pemimpin yang berkarakter. Beruntungnya, BBPP Batu menemukan sosok itu dalam diri Wasis Sarjono.

Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah menjabat sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Pertenakan Batu sejak 2018 silam.

Rekam jejak prestasi Wasis Sarjono tak main-main. Ia beberapa kali dianugerahi berbagai macam penghargaan dan prestasi. Seperti Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, 20 Tahun, Penyuluh Perkebunan Urusan Program (PPUP) Kabupaten Kendari dari Bupati Kendari H. Andry Jufri pada 1990 dan 1991.

Pria murah senyum ini juga merupakan wisudawan terbaik III Akademi Penyuluhan Peternakan Malang (APP Malang) pada 2000 dan merupakan Widyaiswara berprestasi pertama yang dianugerahi oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada 2018.

Baca Juga : klik disini  Cek Keamanan, Wakapolda Jatim Kunjungi Kota Pasuruan

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertanggung jawab mendidik dan melatih Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) pemerintah..

Pria kelahiran 1964 ini memulai karirnya sebagai Widyaiswara Muda pada 1988-2012. Selanjutnya melanjutkan karirnya sebagai Widyaiswara Ahli Madya sampai 2018.

Kemudian pada 2018, alumnus S1 Sekolah Tinggi Pertanian Tribhuwana Malang ini didapuk sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu hingga sekarang, Selasa (12/01/21).

Beberapa pendidikan informal yang pernah Wasis Sarjono ikuti diantaranya TOT Perencanaan Pembangunan Partisipatif pada (2010), Pelatihan Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat II di Sulawesi Tenggara (2011), Diklat Metodologi Penelitian Sosial oleh Badan Pengembangan SDM Pertanian dan Kementerian Pertanian (2012).

Kemudian Diklat Kemampuan Dasar Widyaiswara bidang Kewirausahaan Agribisnis (2014), Lokakarya Nasional Revitalisasi Penyuluhan/Pemberdayaan Masyarakat (2014), dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Widyaiswara (2015)

Ada juga Pelatihan Asesor Kompetensi yang diselenggarakan BNSP (2015), Workshop Mind Map yang diselenggarakan oleh International Certificate of Mind Map (2015), Workshop Penyusunan Juklak Diklat Kepemimpinan berbasis Revolusi Mental Mendukung Reformasi Birokrasi (2016).

Baca Juga : klik disini  KJJT Kedatangan Pengacara Kondang, ini Pesannya..!

Lalu Seminar on Modern Technology of Planting and Processing for Indonesia 2015 yang diselenggarakan oleh Ministry Commerce People’s Republic of China (2016), Pelatihan bagi Pengelola Pelatihan/Management of Training (MoT) oleh LAN RI (2019), dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk.II yang diselenggarakan LAN RI dan masih berlangsung hingga hari ini.

Jurnalis : Ulum

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!