Lumbung Berita
NEWS TICKER

Waspada PMK pada Hewan, Pasar Hewan Grati di Tutup Sementara

Sabtu, 21 Mei 2022 | 4:43 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com berdasarkan Surat Edaran no. 42435 /993/424092/2022, tentang kewaspadaan dini Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan, mulai kamis 19 Mei 2022.

Imbasnya, pasar hewan di Pasar Rakyat Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan ditutup sementara, sampai batas waktu yang belum ditentukan, Sabtu (21/05/2022).

Sebagian pedagang yang datang dari luar kota pasuruan dan luar Kecamatan Grati merasa kaget, saat didepan pintu pasar hewan grati ada banner bertuliskan ada penutupan sementara, memang yang biasa pasar hewan hanya hari Rabu dan Sabtu.

Kepala Pasar Grati, Unggul menjelaskan bahwa datangnya Surat Edaran (SE) itu kamis, sehingga untuk memasang banner itu setelahnya, dan perlu diketahui pasar hewan di grati dibuka setiap Rabu dan Sabtu, sehingga pedagang yang datang pada hari ini Sabtu ada yang terkejut.

“Sebenarnya saya sudah menghubungi sebagian ke perwakilan pedagang hewan mas, bahwa sabtu pasar grati ditutup sementara, karena pasar hewan ini dibuka setiap rabu dan sabtu,” terangnya Unggul.

Namun, meskipun di larang terlihat para pedagang masih ada melakukan transaksi diluar atau sekitar area pasar, meskipun pihak pasar sudah melakukan penjelasan dan tindakan melarang transaksi.

Baca Juga : klik disini  Wisata Coban Goa Jalmo di Resmikan Pemprov Jatim

Perlu di ketahui inti dari penutupan pasar hewan ini untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak khususnya sapi, agar tidak menyebar, sehingga tidak merugikan semua pihak termasuk para pedagang di pasar hewan.

“Saya sebagai kepala pasar tugas sesuai Surat Edaran dari pemerintah pusat dan dinas terkait, menutup sementara pasar hewan ini agar penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak tidak menyebar,” pungkasnya.

Dan terlihat di sekitar dalam pasar melakukan sterilisasi dan melakukan penyemprotan Disinfektan.

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!