Lumbung Berita
NEWS TICKER

Wujud Syukur : 23 Ancak “Sedekah Bumi” di Arak Warga Desa Tambaksari

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:44 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
23 ancak atau sedekah bumi di arak warga 4 (empat) dusun yang ada di Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Senin (22/08/22) pukul 10:00 Wib.

Sedekah bumi adalah kegiatan rutin desa yang berada di ujung barat Kecamatan Purwodadi, atau perbatasan antara Desa Tambaksari dengan Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari.

Selain 23 ancak, warga 4 dusun ini juga melaksanakan pawai yang di mulai dari Dusun Krai dan finis di Balai Desa Tambaksari.

Dari berbagai pawai, yang menarik perhatian para pengunjung yakni adanya penampilan bajak laut, dengan modifikasi perahu dengan banyaknya buah-buahan di dalamnya.

Kepada awak media, Kepala Desa (Kades) Tambaksari, Jatmiko, mengucap syukur dan terima kasih kepada semua warga Tambaksari yang sudah kompak dan tidak melupakan leluhur terdahulu.

“Kami tidak bisa membendung masyarakat untuk melaksanakan sedekah bumi, ini kegiatan rutin desa kami setiap tahun,” ucap Jatmiko.

Setelah sekian lama, kata Jatmiko, masyarakat terbelenggu adanya Pandemi Covid-19 yang melanda kita semua, kini saatnya masyarakat melaksanakan sedekah bumi untuk keselamatan kita semua.

Baca Juga : klik disini  Hakim Tak Kunjung Datang, Pelanggar Prokes di Gempol Gusar

“Salah satu bentuk ikhtiyar kami warga Tambaksari dengan melaksanakan sedekah bumi. Semoga marabahaya lenyap dari negeri kita khususnya Desa Tambaksari,” ungkap Kades berpostur tinggi kurus.

Kegiatan dilanjutkan dengan “Grebeg Deso” yakni warga berebut hasil panen, setelah tokoh masyarakat membacakan doa untuk yang maha kuasa serta leluhur.

Ucapan terima kasih datang dari salah satu warga, Wibisono, kepada awak media ia berterima kasih kepada Pemerintah Desa dan panitia pelaksana kegiatan hari ini.

“Semoga dengan sedekah bumi ini, kami di jauhkan dari marabahaya,” tutup Wibisono.

Hadir dalam sedekah bumi Forkopimca Purwodadi, Kades se Kecamatan Purwodadi, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta lainnya.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!