Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ketua LSM Penjara DPC Malang Raya Angkat Bicara Adanya Dampak Sampah

Senin, 9 Januari 2023 | 3:57 pm
Reporter: Ulum
Posted by: Redaksi

Malang_Lumbung-berita.com
Kabupaten Malang dikenal dengan Destinasi Wisatanya, tak heran kalau Kabupaten Malang menjadi salah satu tempat jujukan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Namun amat disayangkan jika hal itu tercoreng dengan adanya sampah berserakan yang tersebar di sepanjang jalan dan Pengairan Kabupaten Malang atau Provinsi Jawa Timur.

Hal ini diduga kerena kurangnya sadar atau respon masyarakat Kabupaten Malang maupun Pemerintah Daerah dalam menangani sampah di Kabupaten Malang.

Saat ditemui Ketua LSM Penjara Indonesia DPC Malang Raya, Suroso Utomo, Senin (9/1/23) menyampaikan bahwa, Kabupaten Malang banyak dikunjungi para wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara, karena Kabupaten Malang diketahui keindahan alamnya yang bahari dan eksotis, namun sangat disayangkan jika hal itu harus ternoda dengan masih banyaknya sampah yang bertumpukan dan berserakan di sepanjang jalan maupun pengairan Kabupaten Malang atau Jawa Timur.

“Kami selaku warga masyarakat Kabupaten Malang berharap kepada Pemerintah Kabupaten Malang untuk lebih serius dan segera merespon dengan adanya dampak sampah, yang secara otomatis sampah ini rutin dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari,’ kata sapaan Suroso.

Dijelaskan pria berdomisili di Kecamatan Lawang, jika pengelolaan tidak maksimal tentunya masyarakat dapat membuang sampah dengan sembarangan. Salah satu contohnya dengan menyediakan Tempat Penampungan Sementara atau Countener Sampah disetiap Desa/Kelurahan ataupun RW/RT, yang kemudian setiap harinya dapat dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir atau bisa juga dikelola oleh Bank Sampah.

Baca Juga : klik disini 👇  Terkait Penculikan Anak, Kapolres Pasuruan, itu Hoaks

“Jika hal itu masih saja kurang dapat disadari masyarakat, Pemerintah Daerah bisa memberlakukan sistem denda, dengan cara ini diharapkan dapat mengantisipasi dampak – dampak sampah, selain dapat berdampak pada kemajuan wisata juga dapat berdampak adanya penyakit, bau, kotor, banjir dan lain sebagainya,” jelas Ketua LSM Penjara DPC Malang Raya.

Masih kata Suroso, dalam waktu dekat ini dirinya akan menemui Bupati atau Wakil Bupati Malang bersama rekan – rekan di LSM nya, guna membahas persoalan sampah di Kabupaten Malang salah satunya.

Hingga berita ini diterbitkan, Lumbung Berita belum dapat menemui pihak terkait dikarenakan kesibukan dinas tersebut.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!