Lumbung Berita
NEWS TICKER

Jembatan Ngipik Tak Kunjung Dibangun, Warga Mulai Muak

Senin, 9 Januari 2023 | 12:29 pm
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Tak adanya kepastian pembangunan bentang jembatan Ngipik di Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, membuat warga setempat muak.

Salah satunya diungkapkan oleh Paimun, warga Dusun Ngipik. Ditemui hari ini (9/1/2023) di lokasi, pria yang memakai topi itu menjelaskan warga sudah banyak yang bosan.

“Sudah berapa tahun ini. Sampai sekarang masih katanya katanya saja. Banyak warga yang sampai bosan,” ujar pria berusia 59 tahun tersebut.

Padahal, ia tahu sendiri, jembatan itu sudah ditinjau oleh pejabat-pejabat penting. Mulai dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf hingga pejabat dinas terkait.

“Tapi sampai sekarang ya belum jelas kapan mulai pembangunannya. Gini katanya mau pemeretaan ekonomi,” sungutnya.

Sayangnya, keinginan Paimun dan warga lainnya agaknya harus dipendam dulu. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Tawangrejo (Pandaan) dengan Sumbersuko (Gempol) ini masih belum ada kepastian.

Kepala Desa Sumbersuko, Syaiful Ma’arif membenarkan ketidak pastian tersebut. Sebagai Kades, ia hanya mendengar selentingan kabar pembangunan akan dilaksanakan tahun ini.

“Kabarnya tahun ini. Doakan saja terealisasi. Kami bakal terus mendesak pihak eksekutif maupun legislatif untuk menuntaskan di tahun ini,” ungkapnya.

Jembatan itu, sambungnya, punya peran yang cukup vital. Warga Sumbersuko bisa lebih dekat bila hendak menuju Pandaan. Untuk saat ini, mau tak mau, warga harus memutar sampai 1,5 kilometer.

“Dampaknya cukup terasa. Warga harus memutar sejauh 1,5 kilometer. Padahal banyak kebutuhan warga kami yang harus didapatkan di daerah Pandaan,” pungkasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris hanya memberikan tanggapan normatif.

“Semoga bisa segera dilaksanakan segera Mas,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Plt Camat Gempol tersebut.

Sebagai informasi, jembatan Ngipik ambruk usai diterjang derasnya air pada 14 Maret 2021. Pemkab sejatinya sudah mengalokasikan dana sebesar Rp510 juta untuk pembangunan fondasi.

Dua fondasi, sisi barat dan timur, selesai pada awal Januari 2022. Namun pembangunan bentang jembatan malah tak ada kepastian hingga memasuki 2023.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!