Lumbung Berita
NEWS TICKER

4 Desa Berlomba Jadi Wakil Pasuruan di Jatim

Kamis, 31 Maret 2022 | 2:15 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Lomba Evaluasi Perkembangan Desa di Kabupaten Pasuruan sampai hari ini (31/03/2022) sudah mencapai tingkat Kabupaten. Pesertanya mengerucut 4 desa: Pucangsari Purwosari, Karangsono Sukorejo, Ketan Ireng Prigen, dan Sumbersuko Gempol.

Kabid Bina Pemberdayaan Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat (PKPM) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ely Kisminarwati menyatakan nantinya pemenang lomba ini akan bertanding dengan desa lain se Jawa Timur.

“Nantinya pemenang tingkat kabupaten akan dilombakan di tingkat provinsi. Insyaallah bulan April sampai Juni,” terangnya di sela-sela penilaian di Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol,

Ia menjelaskan, tahapan lomba desa sampai tingkat provinsi dimulai dari pengisian aplikasi evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan. Beberapa indikator dalam pengisian tersebut akan menempatkan desa pada tiga kategori: Cepat Berkembang, Berkembang, atau Kurang Berkembang.

“Nah, desa Cepat Berkembang lah yang bisa mengikuti tingkat kecamatan. Kemudian yang terbaik akan lanjut lomba tingkat kabupaten,” jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam penilaian kali ini pihaknya melihat dari berbagai aspek, yakni Pemerintahan, Kewilayahan, Kemasyarakatan, Inovasi, dan 10 program PKK.

Baca Juga : klik disini  Nelly, Terima Kasih IWO Malang Raya..!

Saat melihat Desa Sumbersuko, ia mengaku cukup terkesan dengan terobosan adanya web pedesaan. Diantara desa yang berlomba, belum ada web seperti di Sumbersuko.

“Ini termasuk terobosan, karena dari peserta lainnya, hanya Sumbersuko yang ada web pedesaan nya. Selain itu saya lihat PKK nya juga berjalan baik,” terangnya.

Meski begitu ia menegaskan penilaian tidak hanya pada satu aspek saja. Melainkan keseluruhan aspek. Di tiap aspek tersebut akan dinilai oleh tim dari DPMD.

“Nantinya dari tim penilai masing-masing aspek akan merumuskan siapa yang keluar sebagai juaranya. Nanti akan ada penetapan keputusan. Ditunggu saja,” bebernya.

Yang paling penting, ujar perempuan berjilbab tersebut, lomba ini akan membuat peningkatan kinerja desa di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Karena tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan,” tandasnya.

Pujian dari Kabid itu tak ditampik oleh Kades Sumbersuko, Saiful Ma’arif. Ia menerangkan sumber daya manusia di Desa Sumbersuko mempunyai keunggulan tersendiri. Ia berjanji akan menampilkan yang terbaik dalam lomba ini.

Baca Juga : klik disini  Jalan Penghubung Tiga Desa di Wonorejo Rusak Parah

“SDM kami memang bisa diandalkan, baik warga, stakeholder, maupun perangkat desa sendiri mempunyai kemampuan yang saling bersinergi. Kami akan berusaha sebaik mungkin memanfaatkannya dalam perlombaan ini,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!