Lumbung Berita
NEWS TICKER

Jaga Resapan Air, 10.000 Pohon Ditanam di Gunung Arjuna

Rabu, 21 Desember 2022 | 3:17 pm
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Vitalnya daerah resapan air di Gunung Arjuna membuat program penanaman pohon di gunung dengan ketinggian 3.339 mdpl ini terus digalakkan.

Yang terbaru, PT Sorini Agro Asia Corporindo bersama Yayasan Cempaka menggelar penanaman 10.000 pohon, Rabu (21/12/2022). Tujuannya untuk menjaga resapan air di Kabupaten Pasuruan.

“Tujuannya menjaga kawasan hutan. Terutama di area resapan air. Karena gunung Arjuna ini mensupport air untuk Kabupaten Pasuruan,” terang CSR and Legal Staff PT Sorini Agro Asia Corporindo, Esti Kukuh Perbawati.

Penanaman di lahan seluas 16 hektar ini dilakukan langsung oleh Yayasan Cempaka dengan dibantu sekitar 60 peserta yang merupakan karyawan PT Sorini.

Lokasinya di Sumber Mata Air Curah Tangkil, Blok Pring Benol, Gunung Arjuna, Prigen. Jenis tanamannya adalah Bambu, Kayu Manis, Kayu Putih, Alpukat, Kluwih, Salam, Beringin dan Kelengkeng.

“Kami memilih bambu karena bambu memiliki akar yang cukup kuat. Sehingga bagus untuk resapan air dan mencegah erosi. Sedangkan tanaman buah-buahan, nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar hutan,” jelasnya.

Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap lingkungan, lanjutnya, pihaknya akan memastikan kelanjutan program ini. Ia berharap dukungan serupa datang dari pihak manapun yang peduli terhadap lingkungan.

“Karena ini pohon, tentunya dibutuhkan waktu untuk menikmati hasilnya. Makanya kami berharap ada dukungan untuk memonitoring dan evaluasi. Bisa dari dinas terkait, masyarakat, maupun komunitas yang peduli terhadap lingkungan,” tandasnya.

Sebagai informasi, PT Sorini Agro Asia Corporindo, sejak 2014, telah menanam 60.000 pohon dari 15 spesies tanaman lokal di lahan seluas 185 hektar.

Komitmen ini mendapat apresiasi dari Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto. Dalam sambutannya, ia berharap kepedulian dan kerjasama semacam ini dapat berkelanjutan.

“Kami harap kerjasama ini tetap berlanjut. Walaupun katakanlah penanaman sudah selesai, tapi peduli lingkungan harus tetap lanjut,” ucapnya.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, selain diikuti 60 karyawan, kegiatan ini juga dihadiri oleh DLH Kabupaten Pasuruan, Perhutani KPH Pasuruan, Komisi Pemberantasan Hutan, dan Forum DAS Kabupaten Pasuruan.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!